Mitos Seputar Menstruasi

saya ga tau bener atau ga,,,yang pastinya mitos ini udah sering di dengar bahkan mungkin uda ga asing buat temen temen,,,tapi lebih baik kita tau infonya secara benar dari pada cuman denger desas desus ga jelas,,,saya pernah baca di salah satu blog,,,tapi lupa,,mungkin yang ngerasa nulis tentang ini maaf ya kalo saya nulisnya ada yang salah,,,hehehe

menurut beberapa orang kalo minum soda saat datang bulan bisa memperlancar haid perempuan.dateng bulan atau istilahnya menstruasi merupakan satu siklus yang terjadi setiap bulannya pada kaum hawa sebelum mengalami menopause. beberapa mitos seputar menstruasi yang kita sering dengar ternyata ada yang ga benar, yaitu:

1. minum minuman yang bersoda bisa mempercepat selesai haid.
Dalam pelajaran biologi pengertian menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Sakit ato gaknya mau lancar ato gaknya, proses ini selain dipengaruhi oleh hormon juga dipengaruhi oleh faktor banyak pikiran makanya gak ada hubungannya dengan minum minuman bersoda dengan menstruasi yang lebih cepat.

kalo masalah keluhan nyeri haid bisa juga disebabkan oleh faktor posisi rahim. jadi kalo posisi rahimnya kita menyebabkan leher rahim (saluran keluarnya darah haid) terjepit, makanya akan menimbulkan keluhan nyeri. Obat-obatan tertentu bisa memperpanjang atau memperpendek lamanya hari menstruasi.

2. ga boleh minum air es saat menstruasi.
Air es itu gak memiliki efek apapun saat menstruasi. Selama tidak merasakan sakit atau perut kembung, maka minum air es sah-sah saja.

3. Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.
Secara medis pembalut itu merupakan sarana yang membantu kita agar tetap bersih dan tidak lembab selama menstruasi. menurut saya semua pembalut itu sehat, tapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi atau iritasi. Ini dikarenakan sensitivitas dari organ kelamin setiap orang berbeda-beda. lagian kalo kita ga pake kan darahnya bakal tercecer kan?Karena itu disarankan agar setiap menstruasi mengganti pembalut sesering mungkin (bagusnya sih setiap 4 jam).

4. gak boleh berenang saat menstruasi.
Selama kita memakai pembalut dan tidak merasa risih, maka berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. karna gak akan mempengaruhi kesehatan. Tapi jika perut terasa kram, sebaiknya hentikan aktivitas berenang.ngomong-ngomong kalo berenang pas lagi mens menurut saya lebih baik ga usah deh,,,karna darahkan sifatnya bila terkena air dia akan larut dan akhirnya menyebar,,apa gak risih tuh,,walopun pake pembalut tapi sama aja kan??

5. Perempuan remaja yang belum menstruasi ga bisa hamil.
Mitos ini sangat kuat melekat di masyarakat, padahal pernyataan ini tidaklah benar. Kehamilan itu berkaitan dengan ovulasi (matangnya sel telur). Beberapa remaja bisa saja mendapatkan menstruasi sebelum masa ovulasi, bersamaan saat tubuh beradaptasi dengan tingkatan hormon. Tapi beberapa remaja lainnya ada yang mengalami ovulasi terlebih dahulu sebelum menstruasi. Jadi bisa saja terjadi kehamilan sebelum mendapat menstruasi pertama.bener ga?

Bila siklus haid sudah berlangsung, yaitu saat memasuki usia akil baligh maka sel telur sudah dipersiapkan setiap siklusnya. Tapi karena masih dalam proses awal, seringkali pematangan sel telur belum terjadi secara sempurna sehingga menyebabkan haid tidak teratur. Terjadinya haid bisa berarti sudah dihasilkannya sel telur (ovulatoar) atau bisa juga tanpa sel telur (anovulatoar).

nah,, itu aja yang bisa saya kasi tau ke temen temen semua,,sebenarnya masih banyak mitos lain yang beredar di masyarkat seperti ga boleh nyisir rambut dan motong kuku tapi saya belum tau apa ada efek yang di timbulkan kalo kita ngelakuin itu pas lagi haid,,,ntar ya kalo saya uda dapat info,,
Labels : Free Wallpapers | Supercar wallpapers | Exotic Moge | MotoGP | Free Nature | car body design

0 komentar:

Posting Komentar